29
Okt
08

Halloween…it’s scary holiday??

Sejarahnya nih…

Halloween berasal dari kata Hallowe’en yang merupakan kependekan dari All Hallow’s Eve (malam sebelum hari raya All Hallow). Hari raya agama Katolik bernama Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day) yang dirayakan 1 November pernah dikenal sebagai All Hallows’ Day yang merupakan penyingkatan dari All Hallowed Souls. Dalam bahasa Inggris, kata Hallowed (holy) berarti Orang Kudus.

Hari Raya Semua Orang Kudus ditentukan misionaris Kristen bertepatan dengan hari raya pagan dengan alasan ingin orang pagan mempercayai agama Kristen. Hari Para Arwah (Day of the Dead) yang merayakan kedatangan arwah sanak keluarga dan kerabat kembali ke bumi sampai sekarang masih diperingati di beberapa negara seperti di Brazil, Meksiko, dan Filipina.

Halloween berasal dari orang Celt di Irlandia, Britania dan Perancis sebagai tradisi paganisme perayaan musim panen. Di abad ke-19, orang Irlandia dan Skotlandia membawanya ke Amerika Utara.

Biasanya pada hari Halloween, anak – anak kecil mengenakan kostum yang lucu2 dan yang seram. Mereka berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain atau biasa di sebut door to door (kayak sales yah??) untuk meminta permen, coklat,  atau bingkisan lainnya dari yang empunya rumah alias tuan rumah. Pada saat mereka mengetuk mereka selalu mengucapkan kata2 yang sama yaitu “Trick or Treat!”, yang berarti kira2 adalah “Beri kami (permen) atau kami jahili”. Apabila pemilik rumah gak memenuhi permintaan anak2 tsb, mereka gak segan2 loh untuk “menghiasi” halaman pemilik rumah dengan kertas atau tisu toilet.

Simbol…

Simbol atau lambang atau apalah itu namanya dari perayaan Halloween adalah berupa buah labu yang di lubangi hingga membentuk raut wajah yang mengerikan, yang sering di beri nama Jack O’Lantern, yang di dalamnya diletakan sebuah lilin atau lampu dan diletakkan di tempat yang gelap. Biasanya sih mereka meletakkannya di depan rumah.

 Alkisah seorang pria yang bernama Jack adalah seorang pemabuk yang suatu ketika arwahnya si Jack ini gak bisa masuk surga dan gak diterima juga di neraka, tapi sebagai gantinya Jack di berikan sebuah labu yang di dalamnya di letakkan bara apai sebagai penerang dia selama bergentayangan.

Halloween juga seringkali identik dengan yang mananya tukang sihir, kelelawar, dan burung hantu.

Makanannya…

Di belahan bumi beriklim sejuk, perayaan Halloween berlangsung di musim apel sehingga Candy Apple atau caramel apple (apel yang dicelup ke dalam cairan gula) terkenal sebagai makanan Halloween.

Selain itu, hidangan lain yang lekat dengan tradisi Halloween: pai labu, sari buah apel (minuman cider), candy corn, bonfire toffee, Toffee Apple, dan permen yang dibungkus dengan warna-warni Halloween (oranye, coklat, atau hitam).

Nah…bagaimana dengan perayaan Halloween di Indonesia sendiri??hum..kayaknya sih di Indonesia sendiri Halloween cuma sebagai ajang senang2 ajah kali yah, mengingat bahwa perayaan Halloween merupakan adaptasi dari bangsa Eropa dan sekitarnya.

Jadi apakah kamu setuju dengan perayaan Halloween di Indonesia??

teks :kamen@2008 and wikipedia


0 Responses to “Halloween…it’s scary holiday??”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: