14
Feb
09

Valentine

pic428790

14 Februari…atau yang biasa lebih kita kenal dengan sebutan hari kasih sayang. Bagaimana sih sejarah dan perkembangan si Hari Kasih Sayang ini a.ka. Valentine day??

SEJARAH

Asal mula hari Valentine tercipta pada jaman kerajaan Romawi. Menurut adat Romawi, 14 Februari adalah hari untuk menghormati Juno. Ia adalah ratu para dewa dewi Romawi. Rakyat Romawi juga menyebutnya sebagai dewi pernikahan. Di hari berikutnya, 15 Februari dimulailah perayaan ‘Feast of Lupercalia.’

Pada masa itu, kehidupan belum seperti sekarang ini, para gadis dilarang berhubungan dengan para pria. Pada malam menjelang festival Lupercalia berlangsung, nama-nama para gadis ditulis di selembar kertas dan kemudian dimasukkan ke dalam gelas kaca. Nantinya para pria harus mengambil satu kertas yang berisikan nama seorang gadis yang akan menjadi teman kencannya di festival itu.

Tak jarang pasangan ini akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain, berpacaran selama beberapa tahun sebelum akhirnya menikah. Di bawah pemerintahan Kaisar Claudius II, Romawi terlibat dalam peperangan. Claudius yang dijuluki si kaisar kejam kesulitan merekrut pemuda untuk memperkuat armada perangnya.

Ia yakin bahwa para pria Romawi enggan masuk tentara karena berat meninggalkan keluarga dan kekasihnya. Akhirnya ia memerintahkan untuk membatalkan semua pernikahan dan pertunangan di Romawi. Saint Valentine yang saat itu menjadi pendeta terkenal di Romawi menolak perintah ini.

Ia bersama Saint Marius secara sembunyi-sembunyi menikahkan para pasangan yang sedang jatuh cinta. Namun aksi mereka diketahui sang kaisar yang segera memerintahkan pengawalnya untuk menyeret dan memenggal pendeta baik hati tersebut.

Ia meninggal tepat pada hari keempat belas di bulan Februari pada tahun 270 Masehi. Saat itu rakyat Romawi telah mengenal Februari sebagai festival Lupercalia, tradisi untuk memuja para dewa. Dalam tradisi ini para pria diperbolehkan memilih gadis untuk pasangan sehari.

Dan karena Lupercalia mulai pada pertengahan bulan Februari, para pastor memilih nama Hari Santo Valentinus untuk menggantikan nama perayaan itu. Sejak itu mulailah para pria memilih gadis yang diinginkannya bertepatan pada hari Valentine.

TRADISI VALENTINE

1. England —> anak – anak kecil di dandani layaknya orang dewasa pada hari Valentine, lalu mereka datang ke rumah-rumah sambil bernyanyi.

2.  Wales —> para pemuda akan menghadiahkan sendok kayu pada kekasihnya pada hari kasih sayang itu. Bentuk hati dan kunci adalah hiasan paling favorit untuk diukir di atas sendok kayu tersebut.

3.  Romawi kuno —> para gadis menuliskan namanya di kertas dan memasukkan ke dalam botol. lalu para pria akan mengambil sah satu kertas tersebut untuk melihat siapakan yang akan menjadi pasangan mereka dalam festifal tersebut.

4. Beberapa orang meyakini bahwa jika mereka melihat robin melayang di udara saat hari Valentine, ini berarti ia akan menikah dengan seorang pelaut. Sementara jika seorang wanita melihat burung pipit, maka mereka akan menikah dengan seorang pria miskin. Namun mereka akan hidup bahagia. Sementara jika mereka melihat burung gereja maka mereka akan menikah dengan jutawan.

5. Sebuah kursi cinta adalah kursi yang lebar. Awalnya kursi ini dibuat untuk tempat duduk seorang wanita (jaman dahulu wanita mengenakan busana yang sangat lebar). Belakangan kursi cinta dibuat untuk tempat duduk dua orang. dengan cara ini sepasang kekasih bisa duduk berdampingan.

6. Pikirkan lima atau enam nama pria (jika Anda wanita) atau lima atau enam nama wanita (jika Anda pria) yang ingin Anda nikahi. Lalu putralah setangkai apel sambil menyebut nama tersebut satu per satu. Anda akan menikah dengan nama yang anda sebut saat tangkai tersebut lepas dari buahnya.

7. Petiklah sekuntum bungan dandelion yang tengah mengembang. Tiuplah putik-putik pada bunga tersebut, lalu hitunglah putik yang tersisa. Itu adalah jumlah anak yang akan Anda miliki setelah menikah.

8. Jika Anda memotong sebuah apel pada tengahnya dan menghitung jumlah biji di dalamnya, ini juga bisa menunjukkan jumlah anak yang akan Anda miliki setelah menikah.

Cupid —> sosok mitologi Yunani kuno ini sering kali di gambar kan sebagai sosok malaikat kecil yang membawa panah asmara, apabila terkena panah asmara dari Cupid ini akan mendapatkan jodohnya.

cupid1

Yang biasa di berikan pada saat Valentine :

1. Chocolate —> Chocolate yang rasa manis mewakili kalo cinta sesorang terhadap pasangannya akan seperti rasa coklat yang manis, walaupun pada kenyataannya bahwa rasa asli coklat adalah pahit. :-p

chocolate

2. Bunga Mawar —> Andalan para kaum adam nih utuk meluluhkan hati wanita pujaannya. Bunga memiliki simbol tersendiri, contoh apabila bunga yang di berikan adalah bunga mawar berwarna putih itu tandanya kalo pria tersebut sangat tulus mencintai wanita pujaannya. nah…apalagi kalo yang di berikan adalah bunga bank..hehehe.

a9729la-rose-posters

3. Boneka —> Boneka menempati urutan ke-3 dlm hal yang paling di cari kaum adam di hari Valentine untuk wanita pasangannya. Mungkin agar si wanita tersebut selalu inget sm si pria dalam sosok boneka tsb.

921-i_love_you_teddy_bear

kalo kamu – kamu semua gmana nih dalam merayakan hari Kasih Sayang alias Valentine tahun ini sm pasangan kamu??

Atau…buat kamu – kamu nih yang masi jomblo alias masi single…tenang ajah..karna setiap hari merupakan hari Kasih Sayang bagi semua orang…so….. HAPPY VALENTINE ALL!! LOVE, LIFE AND PEACE!

teks : raider@2009


0 Responses to “Valentine”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: